Selamat datang di " Gokugen.Net " Selain kami menyajikan beberapa seputar informasi yang menarik lainnya,Kami juga menjual beberapa aneka ragam dan macam - macam produk kerajinan yang terbuat dari batu kayu fossil (Petrified Wood Art and Stone Wood Fossil) untuk bangku, meja, wastafel dan aneka ragam macam furniture atau kerajianan kayu fossil lainnya, dan masih banyak jenis dan ragam produk kami lainnya...Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di mobile / Whatsapp +62812 100 444 53 via email andigokugen@gmail.com atau silahkan kunjungi kami pada kolom sektor " Kayu Fossil " untuk melihat beberapa contoh produk kami lainnya...."

Wednesday, August 31, 2016

Cara Berternak Burung Puyuh Sebagai Usaha Sampingan

Burung Puyuh
Puyuh adalah nama untuk beberapa genera dalam familia Phasianidae. Burung ini berukuran menengah. Burung puyuh dari Dunia Baru (famili Odontophoridae) dan puyuh kancing (famili Turnicidae) tidak berkerabat dekat namun nama mereka memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip.


Burung puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk. Mereka pemakan biji-bijian namun juga pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Mereka bersarang di permukaan tanah, dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yang pendek. Beberapa spesies seperti puyuh jepang adalah migratori dan mampu terbang untuk jarak yang jauh. Beberapa jenis puyuh diternakkan dalam jumlah besar. Puyuh jepang diternakkan terutama karena telurnya.

Burung Puyuh & Telor Puyuh
Langakah pertana untuk melakukan Usaha Beternak Burung Puyuh adalah pemilihan tempat peternakan yang baik. Untuk memulai budidaya burung puyuh, terlebih dahulu harus tahu bagaimana karakteristik dari burung puyuh itu sendiri. Berikut informasi teknis mengenai budidaya burung puyuh yang bisa dicoba untuk memulai bisnis budidaya yang menjanjikan :
hal - hal yang harus di perhatikan untuk pemilihan tempat peternakan puyuh sebagai berikut :

1.      Lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk
2.      Lokasi Peternakan jauh dari wabah penyakit
3.      Pastikan Jauh dari kawasan Banjir
4.      Lokasi yang stategis untuk pemasaran telur itu sendiri

Untuk pembuatan kandang sendiri pertama - tama harus perhatikan hal - hal sebagai berikut:

1.      Pemilihan bahan untuk pembuatan kandang itu sendiri
2.      sirkulasi atau aliran udara yang baik
3.      pembuangan kotoran
4.      tempat penempatan pakan dan minum untuk buruh puyuh itu sendiri.


Berikut informasi teknis mengenai budidaya burung puyuh yang bisa dicoba untuk memulai bisnis budidaya yang menjanjikan :

Burung Puyuh

1.  Menyiapkan Kandang

Kandang Burung Puyuh Yang Sudah Terisi

Kandang Burung Puyuh Yang Masih Kosong
Untuk memulai ternak burung puyuh harus memperhatikan kandang untuk budidaya. Kandang sebaiknya memiliki suhu berkisar 20 sampai dengan 25 derajat celcius dan dengan kelembaban 30 sampai dengan 80 persen.

Selain itu kandang juga harus diberi penerangan dengan lampu 25 sampai dengan 40 watt pada siang hari, dan 40 sampai dengan 60 watt pada saat malam hari. Kandang untuk budidaya burung puyuh bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yakni kandang untuk induk pembibitan, kandang untuk induk petelur, kandang untuk anak puyuh, kandang untuk puyuh.



2. Menyiapkan Bibit

Setelah kandang siap, selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bibit. Pemilihan bibit harus disesuaikan dengan tujuan dari budidaya. Misal jika ingin budidaya untuk produksi telur, maka dipilih bibit ketam betina yang sehat. Jika ingin budidaya dan diambil dagingnya maka dipilih bibit jantan atau petelur afkiran. Namun jika menginginkan telur tetas, maka dipilih burung puyuh betina subur dan pejantan yang siap membuahi betina.

  
3. Pemeliharaan


Pemeliharaan hewan burung puyuh ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pemeliharaan hewan jenis unggas lainnya. Yang harus dilakukan adalah pemberian pakan secara rutin. Untuk puyuh muda bisa diberi pellet, remah, dan tepung 2 hari sekali. Dan untuk puyuh dewasa bisa diberi ransum satu kali dalam sehari.

Selain itu puyuh juga harus dirawat dengan sanitasi, pengontrolan penyakit, dan vaksinasi untuk menjaga keseharan burung puyuh. Jauhkan burung puyuh dari berbagai macam hama dan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan burung puyuh.

4. Panen

Telor Puyuh

Untuk burung puyuh yang diambil telurnya, bisa dilakukan setiap hari selama masa produktif. Selain itu untuk jenis telur yang diambil dagingnya bisa saat puyuh berukuran besar. Biasanya puyuh yang diambil dagingnya adalah puyu afkiran atau puyuh yang sudah tidak bertelur.

6. Analisa Usaha


Investasi budidaya burung puyuh mulai dari perawatan kandang sampai dengan perawatan bisa mencapai 10 sampai dengan 12 jutaan. Sedangkan keuntungan yang didapat untuk puyuh petelur dan afkiran bisa mencapai 10 jutaan. Biaya bisa berubah-ubah disesuaikan dengan kondisi dan keadaan lapangan.

sumber : jokowarino.id , petrnakhebat.com, wikipedia,google image.

No comments:

Post a Comment